Headlines News :
Home » » Masyarakat Dihimbau Kembangkan Makanan Non Beras

Masyarakat Dihimbau Kembangkan Makanan Non Beras

Sinjai--Pemerintah Kabupaten Sinjai mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan mengembangkan makanan non beras. Untuk menjaga ketahanan pangan, perlu dilakukan verifikasi pangan di luar beras.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan ketahanan pangan Kabupaten Sinjai Andi Mustakim SP menjelaskan, untuk menjaga ketahanan pangan nasional, tidak bisa lagi hanya mengandalkan beras sebab beras yang merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terlampau tinggi, Sementara produksi beras nasional tidak meningkat.

Untuk itu ia mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi makanan non beras, saat ini juga pihaknya telah mengkampanyekan manfaat mengkonsumsi dari bahan pangan selain beras.salah satunya yaitu mengadakan lomba membuat masakan menu non beras yang baru-baru diadakan dilokasi pameran Pembangunan.

Dalam upaya mewujudkan Ketahanan Pangan tidak bisa hanya mengandalkan pada sumber pangan beras disebabkan karena banyaknya tantangan seperti anomali iklim yang mempengaruhi produksi beras, ketersedian lahan akibat padatnya pemukiman dan berbagai kendala lainnya.

Olehnya itu Mustakim mengharapkan agar bagaimana masyarakat bisa menciptakan ketahanan pangan yang baik di daerah yaitu dengan cara meningkatkan penganekaragaman konsumsi pangan non beras, dimana di Sinjai menurutnya banyak potensi pangan lokal cukup andal antara lain jagung, ubi kayu dan berbagai jenis ubi-umbian yang juga merupakan sebagai sumber karbohidrat.

Sumber : http://sbfm.sinjaikab.go.id
Share this article :
 
BADAN PELAKSANA PENYULUHAN DAN KETAHANAN PANGAN KAB. SINJAI
Jl. H. Abd. Latief No. 08 Kab. Sinjai, Prov. Sulawesi Selatan
Telp. 0482-2425372, Fax. 0482-22270, Email : bppkpkabsinjai@yahoo.co.id
BERANI - JUJUR - HEBAT