Headlines News :
Home » , » Temu Lapang Demonstrasi Teknologi Pembuatan Biogas di Kab. Sinjai

Temu Lapang Demonstrasi Teknologi Pembuatan Biogas di Kab. Sinjai

Bulopoddo---Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme pada kondisi langka oksigen (anaerob). Komponen biogas antara lain sebagai berikut : ± 60 % CH4 (metana), ± 38 % CO2 (karbon dioksida) dan ± 2 % N2, O2, H2, & H2S. Biogas dapat dibakar seperti elpiji, dalam skala besar biogas dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik, sehingga dapat dijadikan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan terbarukan. Sumber energi Biogas yang utama yaitu kotoran ternak Sapi, Kerbau, Babi dan Kuda. Kesetaraan biogas dengan sumber energi lain 1 m3 Biogas setara dengan :
Dalam rangka pemanfaatan sumber energi biogas di Kab. Sinjai, BPP Kec. Bulupoddo bekerjasama dengan BPTP Prov. Sulawesi Selatan melaksanakan Temu Lapang Demonstrasi Teknologi Pembuatan Biogas di Kab. Sinjai di Dusun Congkoe Desa Lamatti Riaja Kec. Bulupoddo, 11 Mei 2012 lalu.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah anggota FMA Desa Lamatti Riaja, Narasumber dari BPTP yaitu Ir. Mathius Sariubang, MS , Novia Qomariah, SP. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Imran Syam, SP.,M.Si (Koord. Penyuluh Kec. Bulupoddo), Abd. Rasad, SP (Penyuluh Kec. Bulupoddo), dan Abd. Wahid, SP,.M.Si (Fungsional Kabupaten).

Imran Syam, SP., M.Si menambahkan dengan kegiatan ini agar menjadi contoh kepada UP-FMA lain terutama bagi mereka yang mengusahakan ternak sapi, untuk memanfaatkan limbah ternak yang selama ini tidak termanfaatkan dengan baik.

Berikut foto-foto kegiatan tersebut :














Share this article :
 
BADAN PELAKSANA PENYULUHAN DAN KETAHANAN PANGAN KAB. SINJAI
Jl. H. Abd. Latief No. 08 Kab. Sinjai, Prov. Sulawesi Selatan
Telp. 0482-2425372, Fax. 0482-22270, Email : bppkpkabsinjai@yahoo.co.id
BERANI - JUJUR - HEBAT