Headlines News :
Home » , » Tudang Sipulung-Dibutuhkan Upaya Kerjasama Pemerintah dan Petani

Tudang Sipulung-Dibutuhkan Upaya Kerjasama Pemerintah dan Petani

Tudang Sipulung dan Panen padi yang berlangsung di Dusun Sumpang Ale Desa Palangka Kecamatan Sinjai Selatan, Senin (17/9) dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sinjai Andi Massalinri Latief. Tudang Sipulung di hadiri Unsur Muspida, para pimpinan SKPD, Camat, Kepala desa, Lurah Gabungan Kelompok Tani se Kecamatan Sinjai Selatan.

Pada Kesempatan itu Wakil Bupati Sinjai A. Massalinri Latief mengatakan Pemerintah Kabupaten Sinjai memberikan apresiasi yang tinggi kepada para petani dan para pelaku usaha bidang pertanian karena tahun ini praduksi beras di Kabupaten Sinjai behasil melampaui target nasionl yang ditetapkan oleh Pemerintah. Sehingga Bupati Sinjai mendapatkan penghargaan dari Presiden.

Ini tentunya menjadi kebanggan kita semua. Untuk itu pemerintah Kabupaten Sinjai terus menberikan dorongan dalam hal peningkatan produksi padi dan palawija untuk memenuhi kebutuhan pangan. Kita jangan sampai lengah serta bagaimana pemerinth daerah menangani bidang pertanian,” katanya

Untuk itu lanjut Wabup dibutuhkan upaya kerjasama yang baik antara pemerintah dan petani dalam upaya meningkatkan hasil praduksi beras sehingga target nasonal dapat tercapai.

Semenatara itu Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan andi Mustakim mengatakan tujuan dari Tudang Sipulung ini rangka memperoleh kesepakatan antara pelaku usaha petani dan pemerintah untuk meningkatkan hasil pertanian seperti padi jagung kakao dan hasil pertanian lainnya. serta pola dan jadwal tanam dengan memeperhatikan curah hujan. Selain itu pemakaian pupuk yang berimbang dan pemamfaatan teknologi pertanian dan pemakaian bibit unggul serta mewaspadai munculnya seragam hama.

Senada dengan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtilkultura Kabupaten Ir H. Muhammad Jamil mengatakan ada 5 program pembenahan infrastruktur pertanian seperti irigasi , percepatan tanaman alat pengolah tanah dengan mengunakan traktor perbaikan teknologi dan kegiatan SLPT dan keterlibatan semua pihak untuk meningkatkan praduksi dan pencapaiannya.

Pada kesempatan itu Wabup menyerahkan bantuan dana bantuan terkait pengembangan agrobisnis pedesaan kepada 6 Gapoktan se kabupaten Sinjai.

Share this article :
 
BADAN PELAKSANA PENYULUHAN DAN KETAHANAN PANGAN KAB. SINJAI
Jl. H. Abd. Latief No. 08 Kab. Sinjai, Prov. Sulawesi Selatan
Telp. 0482-2425372, Fax. 0482-22270, Email : bppkpkabsinjai@yahoo.co.id
BERANI - JUJUR - HEBAT