Headlines News :
Home » » Mustakim : Penganekaragaman Konsumsi Pangan Perlu Terus Dilakukan

Mustakim : Penganekaragaman Konsumsi Pangan Perlu Terus Dilakukan


Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai, Andi Mustakim menghimbau pentingnya mengkomsumsi pangan selain beras. Bahkan kata dia saatnya penganekaragaman konsumsi pangan setiap hari perlu dilakukan. Pasalnya, kandungan gizi yang terdapat pada pangan alternatif selain beras juga cukup tinggi dan bisa melengkapi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh.
“Makanya diminta agar warga terbiasa mengkonsumsi pangan nonberas. Misalnya jagung, ubi jalar, dan ubi kayu. Selain beras tanaman sejenis itu malah sangat baik untuk tubuh kita apalagi kandungan gizinya juga cukup tinggi dan bisa melengkapi asupan gizi yang dibutuhkan, “ ujarnya baru-baru ini.
Membiasakan diri mengkonsumsi pangan nonberas tentunya akan membuat masyarakat bisa melepaskan diri dari ketergantungan pada konsumsi nasi per hari. “Setidaknya, ketergantungan tersebut perlahan bisa dikurangi,” kata Mustakim. Satu hal mendasar bahwa upaya ini dilakukan sebagai langkah untuk menjaga ketahanan pangan di daerah ini. Bayangkan jika lahan pertanian kita semakin hari semakin sempit bahkan luasnya pun berkurang. Mustakim juga menegaskan, bukan berarti pemerintah sudah pesimis dengan produksi beras. Namun, hal ini hanya sebagai upaya untuk semakin memperkuat basis pangan di daerah dengan memaksimalkan pangan alternatif. Masyarakat tidak boleh hanya bergantung dengan beras semata.”"Untuk itu diharapkan bisa dilakukan karena pangan ini bernilai gizi yang berimbang," ungkapnya.


Share this article :
 
BADAN PELAKSANA PENYULUHAN DAN KETAHANAN PANGAN KAB. SINJAI
Jl. H. Abd. Latief No. 08 Kab. Sinjai, Prov. Sulawesi Selatan
Telp. 0482-2425372, Fax. 0482-22270, Email : bppkpkabsinjai@yahoo.co.id
BERANI - JUJUR - HEBAT